Wednesday, January 7, 2009

Istilah-istilah dalam Pertolongan Pertama

Halo, Apa kabar Red Sign viewers

Kesempatan kali ini akan saya gunakan untuk mebahas istilah-istilah apa saja sih yang sering digunakan dalam melakukan PP. Mungkin untuk sebagian orang hal ini tidak penting untuk diketahui api untuk saya hal ini sangat penting untuk diketahui. Mengapa ? alkisah dahulu ketika saya mengikuti pendidikan Korps Suka Rela PMI saya pernah mendapatkan soal yang menggunakan istilah “distal” dan “femur” wah saya sangat kebingungan sekali saat itu, apa maksud kedua istilah, walhasil saya tidak bias melakukan PP secara tepat. Lain halnya yang dialamai dengan senior saya, dia pernah berbicara pada saksi kejadian kecelakaan sang saksi menggunakan istilah-istilah asing yang sama sekali senior saya tidak ketahui , walhasil sang saksi harus menjelaskan untuk kedua kalinya dengan bahasa Indopnesia, dan senior sayapun malu karena tidak tahu istilah-istilah itu.

Nah maka dari itu saya akan memaparkan beberapa istilah-istilah yang saya ketahui :

Medial : garis hayal yang membagi tubuh menjadi dua yaitu kanan dan kiri

Transversal : garis hayal yang membagi tubuh menjadi dua yaitu atas (superior) dan bawah (inferior)

Frontal : garis hayal yang membagi tubuh menjadi dua yaitu depan (posterior) dan belakang (anterior)

Proksimal : titik acuan yang dekat dengan batang tubuh

Distal : titik acuan yang jauh dengan batang tubuh

Skeleton : Sistem Rangka

Maskularis : Sistem Otot

Respirasi : Pernafasan

Sirkulasi : Sietem peredaran darah

Nervus : Sistem saraf

Digestif : Sistem pencernaan

Endoktrin : Sistem kelenjar buntu

Urinarius : Sistem kemih

Inspirasi/inhalasi : Menarik nafas

Ekspirasi/Ekshalasi : Menghembuskan nafas

Mungkin inilah beberapa istilah yang dapat saya sampaikan ke red sign viewer sekalian mudah – mudahan bermanfaat. Oh iya kalau red sign viewers sekalian punya tambahan istilah – istilah atau mau mengkoreksi istilah yang saya sampaikan silahkan tulis di coment ya. Terimakasih ^^

0 Comments: